CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI

Tips dan Panduan Contoh Surat Pengunduran Diri Elegan-Formal

      Beberapa panduan contoh surat pengunduran diri membantu Anda mengurai keputusan resign secara terhormat. Syarat formal ini menegaskan maksud dan tujuan mengundurkan diri. Merujuk keinginan berpisah dengan pihak institusi atau perusahaan.

Berbeda dengan surat lamaran kerja. Surat pengunduran diri sedikit-banyak akan melibatkan kondisi emosional penulisnya. Terlebih lagi bila keputusan mengundurkan diri disebabkan  pertimbangan khusus. Semisal problem internal yang kurang kondusif untuk bertahan disana. Atau, dorongan mencari prospek jabatan yang lebih cerah di tempat lain.

Namun apapun juga alasannya ada etika profesional yang berlaku di dalam lingkungan kerja. Jika dulunya Anda diterima secara hormat, maka cara serupa berlaku ketika ikatan kerja dilepaskan. Tidak perlu merasa canggung dalam mengurai kalimat perpisahan. Contoh surat pengunduran diri dapat menjadi acuan ‘tuk tetap menjaga hubungan baik secara profesional.

Sebelum itu pahami lebih dulu 5 panduan menulis surat pengunduran diri, agar tulisan kita disampaikan dalam etika yang baik.

  1. Isi Surat Lugas dan Jelas

Sampaikan maksud dan tujuan kita menulis surat pengunduran diri. Terangkan secara lugas dan jelas. Jangan menulis surat yang terlalu panjang dengan kalimat berputar-putar.

Contoh pembukaan yang bertele-tele:

“Saya menulis surat ini karena ada maksud dan tujuan khusus untuk disampaikan tentang masalah pekerjaan supaya bisa dimengerti dengan baik mengapa akhirnya saya putuskan keluar dari kantor ini bukan karena tidak puas tetap karena sesuatu hal lain….”

        Contoh Pembukaan yang Menarik :

“Merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa berkarya untuk Sprockets, Inc. Surat ini adalah pemberitahuan bahwa saya akan mengundurkan diri untuk menerima posisi baru di perusahan lain per tanggal (sebutkan tanggal, setidaknya dua minggu dari tanggal penulisan surat Anda)

  1. Bahasa Sopan Santun

Penataan bahasa sopan santun menjadi syarat penulisan surat resmi, begitupun surat pengunduran diri. Hindari melibatkan emosi terlalu dalam sehingga isi surat menjadi jauh dari etika bahasa profesional yang sopan dan santun.

       Contoh Bahasa Kurang Sopan :

“Surat pengunduran ini adalah bukti keburukan perusahaan yang membuat saya muak. Kesejahteraan saya memburuk karena bekerja mati-matian seperti pesuruh. Kalian pasti akan menyesal karena telah bersikap sangat kurangajar….”

  1. Hindari Kalimat Sensitif

Masalah internal sangat sensitif sehingga tak perlu dibahas melalui surat pengunduran diri. Meskipun problema tersebut menjadi salah satu alasan Anda untuk segera resign. Kalimat menyinggung, sekalipun masih di batas sopan santun, sedikit banyak dapat mengusik ketenangan pihak perusahaan.

Contoh Ucapan Menyinggung ;

“…Saya tak bermaksud meninggalkan kantor dalam situasi terburuk ini. Dimana penjualan kita tidak mencapai targetnya. Sungguh menyelamatkan keuangan adalah tanggung jawab semua karyawan. Tetapi saya tak ingin terlibat dengan banyaknya hutang perusahaan…” 

  1. Ucapkan Maaf dan Terima Kasih

Dalam contoh surat pengunduran diri terdapat ucapan maaf dan terima kasih. Ungkapan respek terhadap semua pihak di lingkungan kerja. Pimpinan, karyawan, serta rekan-rekan kerja terdekat. Karenanya sekilas permintaan maaf menunjukkan refleksi kekurangan diri selama menjalani kewajiban kerja.

“…Terimalah rasa terima kasih saya terhadap hubungan kerja yang terjalin diantara kita. Dan setulusnya saya memohon maaf atas segala kekurangan selama bekerja untuk perusahaan ini. Salam hormat untuk Anda dan seluruh staff. Hormat saya,…”

  1. Sampaikan Apresiasi dan Harapan

Seperti apapun situasinya tetap sampaikan apresiasi dan harapan yang bersahabat. Seperti,”…Saya pun telah menyerap banyak pengalaman berharga selama bekerjasama dengan institusi ini. Semoga di waktu mendatang segalanya menjadi lebih cerah untuk kemajuan kita bersama.”

 

Format Penulisan Surat Pengunduran Diri

Kita telah memahami apa yang perlu dan tidak perlu diungkapkan pada surat pengunduran diri. Berikut ini format penulisan serta contoh surat pengunduran diri. Namun Anda dapat merancang sendiri susunan kalimat surat, dengan senyaman mungkin juga sesuai etika surat pengunduran diri, seperti lima bentuk panduan diatas.

 Contoh Umum Surat Pengunduran Diri:

Format Surat 1

(Sebutkan Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun)

Kepada Yth,

HRD Manager

PT atau nama perusahaan, nama kota

Dengan Hormat,

Bersama surat ini, saya (sebutkan nama) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (sebutkan nama perusahaan) sebagai (sebutkan posisi atau jabatan terakhir) terhitung sejak tanggal (cantumkan tanggal pengunduran diri).

       Saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang pernah diberikan kepada saya untuk bekerja di (sebutkan nama perusahaan). Saya memohon maaf kepada seluruh karyawan dan pihak manajemen jika terdapat kesalahan yang saya lakukan selama masa bekerja.

         Saya pun telah menyerap banyak pengalaman berharga selama bekerjasama dengan rekan-rekan disini. Saya berharap di waktu mendatang segalanya menjadi lebih cerah untuk kemajuan kita bersama. Dan semoga PT (Sebutkan nama perusahaan) semakin sukses selalu.

(Sebutkan nama kota, tanggal, dan tahun)

Hormat Saya,

 

(Sebutkan Nama Anda).

 

Contoh Sederhana Format Surat II

Kepada Yth:

Manajer

Di….

Bersama surat ini, saya…

Nama : ………..

Jabatan : ………           

          Merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa berkarya untuk Sprockets, Inc. Surat ini adalah pemberitahuan bahwa saya akan mengundurkan diri untuk menerima posisi baru di perusahan lain per tanggal (sebutkan tanggal, setidaknya dua minggu dari tanggal penulisan surat Anda)

       Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan berkembang bersama PT………. sebagai salah satu perusahaan terkemuka di masyarakat.

        Melalui surat ini saya ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh staff dan jajaran manajemen jika terdapat banyak hal yang kurang berkenan dalam pekerjaan saya selama ini.

(Tanggal, Bulan, Tahun)

Hormat saya,

 

(Nama………..)

 

FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineSMSWeChatShare