CONTOH KATA PENGANTAR

Panduan dan Contoh Kata Pengantar Untuk Skripsi


Bagaimana panduan dan contoh kata pengantar untuk membuka karya ilmiah, terutama dalam skripsi? Nah, terdapat dua bagian inti yang mutlak diuraikan sebagai ekspresi personal dari mahasiswa penulis skripsi. Yang harus diingat, bahasanya kata pengantar tetap terjaga formal dan bermakna. Tidak sesantai kalimat informal di dalam pengantar novel.

Sudah beberapa kali membuat makalah, namun masih memerlukan cara membuat kata pengantar yang tepat. Di dalam penyusunan skripsi langkah ini masihlah wajar. Paling tidak ada usaha untuk mengolah format yang tepat. Namun jika kamu belum sampai pada tahap skripsi, mulai ubahlah kebiasaan menjadi pembaca ‘kutu loncat’. Jangan hanya mencontoh setiap bagiannya tanpa paham betul tentang struktur penulisan itu.

CONTOHKATApengantar

Wajar saja apabila di dalam skripsi, kekeliruan format sering terjadi karena dinilai sepele oleh mahasiswa. Padahal bagian kata pengantar sangat berbeda dengan bab lain. Masing-masing mempunyai formatnya sendiri sehingga tak lazim dipersatukan asal-asalan. Kita bisa melihat gambaran ini untuk membedakan antara kata pengantar dengan bab pendahuluan.

Bedakan Pengantar Dengan Pendahuluan…

Dalam menulis makalah kuliah, banyak yang belum fasih memisah cara membuat kata pengantar, dengan susunan pendahuluan. Namun, dalam format baku karya tulis ilmiah untuk skripsi, tiada lagi kebingungan karena mahasiswa skripsi bukan lagi pemula.

Sangat mudah membedakan pendahuluan dengan kata pengantar. Pendahuluan termasuk bagian kerangka inti dalam struktur kepenulisan. Dan sangat detail terhadap topik makalah. Termasuk di dalamnya latar belakang, mengapa hasil penelitian tersebut mesti disajikan kepada masyarakat.

Dengan uraian tematik yang komprehensif, tujuan dari bab selanjutnya yaitu pembahasan, akan lebih mudah dipahami. Pembaca yang tertarik akan menuntaskan bacaannya hingga bagian akhir yaitu kesimpulan. Jika benar-benar menikmati tulisan itu, Ia pun akan mengulangnya lebih detail, sedari halaman awal yaitu bagian kata pengantar.

Dari sini saja sudah terlihat apabila bab pendahuluan jelas tidak sama isinya dengan kata pengantar. Seperti umumnya, tentu saja halaman ini dikhususkan bagi ucapan syukur beserta ungkapan rasa terima kasih. Cara mengurai kesan dan pesan dapat kehilangan makna, karena susunan kalimat yang asal-asalan. Ya, aturan baku masih sering diabaikan penulis, sekalipun sudah menjadi mahasiswa skripsi tingkat akhir.


Misalnya contoh kata pengantar secara informal, menggunakan simbol smiley dan istilah pergaulan masa kini. Contoh;

“Kemampuan untuk bersyukur dikarenakan saya orang biasa saja, bukan orang pintar. Kalau saya pintar, minumnya tolak angin…”

Atau,

“Thanks To Ria, lu baek bener…Salam juga buat Nelli, cepet gih kelarin skripsinya…”

Penulisan karya tulis dan terlebih lagi skripsi, memiliki batasan pada etika penulisan ilmiah.
Dimana karya penulisan bersifat akrab tetapi masih formal dan pantas untuk diakses banyak orang. Apalagi sebagai bentuk tanggung jawab, kepada narasumber yang telah memberikan data serta bahan tulisan.

Memang dapat saja digunakan bahasa akrab, namun dalam tataran Bahasa Indonesia yang baik. Selain itu pun tak sebaiknya menggunakan simbol serta istilah-istilah pergaulan.

Kata pengantar juga harus mudah dimengerti, padat, dan tidak bertele-tele. Namun yang terpenting hindarilah menulis kalimat candaan untuk teman, seperti di dalam contoh tadi.

  • Bagian Inti Kata Pengantar Skripsi

Sebagai tips dan rekomendasi terakhir, yuk membedah bagian inti kata pengantar seperti contoh format dibawah ini.

1. Ucapan Syukur

Kata pengantar biasanya diawali dengan ucapan syukur kepada Tuhan. Sebab, penulis telah merampungkan karya tulisnya dengan baik dan tepat waktu.

Contoh Pertama :

“Segala Puji dan Syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena berkat rahmat, dan karunia-Nya maka penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul : “…(sebutkan judul…)…” bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

Contoh Kedua :

“Syukur Alhamdullilah saya panjatkan ke hadirat Allah SWT atas kehendakNya sehingga Tugas Akhir atau Skripsi berjudul: “…(sebutkan judul…)…” dapat diselesaikan dengan lancar.

Contoh Ketiga :

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan YME karena kasih dan karuniaNya yang luar biasa sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “…(sebutkan judul…)…”

2. Tujuan Menulis Skripsi


Setelah menuliskan ucapan syukur, jangan lupa menyambung dengan tujuan menulis skripsi.

  • Contoh Kata Pengantar Pertama

“Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah sebagai syarat memperoleh gelar sarjana dari Program Studi ‘………..’Universitas……’

  • Contoh Kedua

“Skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana pada program pendidikan guru di Universitas Pendidikan Indonesia.”

3. Ucapan Terima Kasih


Bagian penting dari contoh kata pengantar adalah ucapan terima kasih. Ini tandanya penulis menghargai jasa mereka yang telah mendukung penyusunan skripsi hingga batas akhir.

Kata pengantar akan memuat siapa saja pihak yang terkait secara langsung selama penelitian berlangsung. Seperti lembaga atau institusi, partisipan penelitian, atau pimpinan perusahaan, karena tanpa mereka penulis akan sulit mengumpulkan data.

Contoh susunan ucapana terimakasih yang disarankan: “Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak yang telah menyumbangkan pikiran, tenaga, dan bimbingan kepada penulis. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada” :

  • Lembaga Terkait
  • Pembimbing Skripsi
  • Pembimbing Akademik, Dosen Fakultas
  • Partisipan Penelitian
  • Keluarga dan Orangtua
  • Teman dan Sahabat

    Untuk catatan, sebutan nama pembimbing skripsi dan orang-orang terkait dengan lembaga resmi harus ditulis secara formal, dengan menggunakan nama lengkap disertai gelar. Jangan lupa menyebutkan hubungan orang tersebut dengan penulis serta kontribusi pentingnya.

4. Penutup Kata Pengantar

Pada bagian penutup kata pengantar akan diungkapkan refleksi keterbatasan penulis yang masih banyak kekurangannya. Sebagai contohnya,“Penulis menyadari bahwa penyusunan skripsi belumlah sempurna karena keterbatasan waktu yang dimiliki. Akhir kata semoga laporan skripsi ini dapat berguna bagi semua pihak yang membutuhkannya.”
(Sertakan nama kota, tanggal dan tahun, juga nama terang penulis dibawah kolom tanda tangan).

Demikian ulasan lengkap tentang panduan cara dan contoh kata pengantar untuk menyusun skripsi. Semoga bermanfaat!


FacebookTwitterGoogle+WhatsAppLineSMSWeChatShare